V-Ixion Lightning, Sambaran Kilat YZF-R1

JAKARTA-Ride The Lightning, tagline V-Ixion Lightning produk terbaru Yamaha membawa imajinasi sambaran kilat membelah langit. Inspirasi YZF-R1 pun membentuk bodi V-Ixion Lightning.

Wajah baru motor sport injeksi dengan penjualan nomor satu di Indonesia ini muncul menyegarkan pasar Tanah Air. Motor ini didesain Sakata-san yang mendesain YZF-R1. Karena itu sentuhan fisik V-Ixion Lightning begitu kental seperti motor sport Yamaha berkapasitas 1000 cc, YZF-R1. ”V-Ixion Lightning akan semakin memperkuat ketangguhan Yamaha di segmen sport Indonesia. Akan meneruskan kebesaran V-Ixion yang menjadi motor sport pujaan lelaki. Dengan tampilan baru dan dipermanis grafis dan warna baru, V-Ixion Lightning bakal jadi favorit konsumen,” papar Indra Dwi Sunda, PR Corporate & Communication Head Yamaha Indonesia.

Desain dan bodi sporty V-Ixion Lightning  memiliki banyak keunggulan memikat. Dimulai dari desain depan motor dengan tampilan lebih gagah dan lampu baru dengan sporty visor. Bagian belakang motor juga tampil baru lagi dengan velg dan ban lebih besar ukuran 120/70. Bagian samping motor lebih artistik dimana lekukan bodinya memiliki sudut-sudut tajam seperti aerodynamic device, terlihat berotot dan solid di bagian depan tapi langsing dan lancip di bagian belakang.

Speedometer V-Ixion Lightning terinspirasi dari YZF-R1. Dari speedometer ini Yamaha memberikan sentuhan emosional dengan menampilkan sapaan ”HI bro” saat mesin dinyalakan. Ini inovasi pertama kali di Indonesia dimana motor dibuat lebih humanis layaknya sahabat. ”HI bro” adalah representasi dari hobi komunitas Yamaha Vixion Club Indonesia (YVCI) yang diterjemahkan ke dalam produk.

Penampilan baru V-Ixion Lightning juga terlihat pada tangkinya yang didesain seperti YZF-R1. Tutup tangkinya bergaya sporty berotot seperti airplane fuel cap, multi-layer surface dan terbuat dari plastik ABS. Lengan ayun V-Ixion Lightning lebih kokoh dan stabil dengan penggunaan swing arm model kotak. Knalpotnya sporty dan premium seperti YZF-R1. Shock breaker belakangnya berwarna sehingga lebih atraktif dan sporty.

Bagian velg terinspirasi dari YZF-R15 dan ada wheel pinstripe untuk menambah aksen sporty. Ada cakram belakang yang membuat tampilan V-Ixion Lightning lebih sporty dan meningkatkan performa pengereman. Key shutter terintegrasi dengan fuel tank seperti desain motor gede Eropa. Sedangkan pegangan bodi belakang adalah desain baru karena menyatu dengan bodi belakang agar lebih simpel dan sporty seperti YZR-M1.

Keunggulan lain V-ixion Lighting adalah frame (rangka) yang menggunakan delta box yang banyak digunakan pada motor berkarakter balap. Selain kokoh juga sangat menunjang saat bermanuver dan stabil. Paling penting memiliki teknologi Fuel Injection serta forged piston dan diasil cylinder yang merupakan teknologi balap Yamaha, sehingga makin menyempurnakan keunggulannya. Dibandingkan dengan motor dengan mesin sama sekelasnya, V-ixion Lightning pun lebih unggul jika digunakan untuk balap.

            Grafis V-Ixion Lighting sporty minimalis untuk menampilkan lekuk bodi dan kesan premium pada bodi motor. Ada lima warna yang tersedia yaitu putih merah, merah hitam, hitam solid dan champagne gold.

Spesifikasi mesin V-Ixion Lightning tidak berubah tapi ada penyesuaian kemampuan mesin pada kaki-kakinya yang sudah menggunakan velg dan ban lebar. Tipe mesinnya tetap 4-langkah, 4 valve, SOHC, berpendingin cairan dan berkapasitas 150 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 11,1 kW di putaran 8.500 rpm dengan torsi puncak mencapai 13,1 Nm di 7.500 rpm.

V-Ixion pertama kali diluncurkan di 2007 dan menjadi motor injeksi pertama Yamaha Indonesia. Iritnya penggunaan bensin membuat para pengendara V-Ixion biasanya membawanya menempuh jarak jauh. Penggunaan V-Ixion oleh pemiliknya sekitar 20.000 sampai 36.000 km per tahun.

Untuk penjualannya, sejak diluncurkan pertama kali hingga September 2012 penjualannya sudah menyentuh angka 1.029.042 unit. Atau 75 persen dari total penjualan segmen sport Yamaha (1.365.354 unit) terhitung sejak dikeluarkannya V-Ixion pertama kali. Tingginya penjualan V-Ixion turut mendongkrak total penjualan kategori sport yang selalu konsisten jadi pemimpin di pasar Tanah Air.

Grafik penjualan V-Ixion terus meningkat tiap tahunnya. Pertama kali di 2007 terjual 28.260 unit, 104.916 unit di 2008, 195.990 unit di 2009, 215.321 unit di 2010 dan 242.887 unit tahun lalu. Tahun ini diharapkan penjualan V-Ixion akan melebihi di 2011 karena pada sembilan bulan pertama (Januari hingga September) telah terjual 241.668 unit.

5 responses to “V-Ixion Lightning, Sambaran Kilat YZF-R1

  1. Dudukan plat nomor depan mengurangi nilai desain lampu, lebih baik pindah dibawah. Seperti Vixon lama. Coba yamaha merefleksi kasus Byson, banyak konsumen memindahkannya ke bawah. Hidup Yamaha

  2. Ada yg masih kurang Vixon yg baru bro, yaitu nampak spatbor belakang nampak ter…. Lalu … Puanjaaaang. banyak pengguna Vixon lama justru memotongnya. Bisakah seperti Byson double ?

  3. Dibawah lampu kan msh ada space buat plat nomor trus kenapa letak plat nomor ditaruh dijidat,aneh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s