Pangsa Pasar AHM menguat di Semester I/2012

Jakarta – Mengakhiri paruh pertama tahun 2012, PT Astra Honda Motor (AHM) berhasil meningkatkan pangsa pasarnya cukup signifikan menjadi 56,8% di pasar sepeda motor domestik dibandingkan dengan semester I tahun 2011 yang hanya 51,8%.

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), pada periode Januari-Juni 2012 penjualan sepeda motor di pasar domestik tercatat 3.702.354 unit atau turun 8,7% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang tercatat 4.056.075 unit. Dalam kondisi pasar yang melemah ini, AHM tercatat sebagai salah satu produsen yang mampu mempertahankan pertumbuhan penjualan yaitu dari hanya 2.099.349 unit menjadi 2.101.881 unit.

Penguatan pangsa pasar sepeda motor Honda pada semester pertama tahun ini terjadi hampir di semua segmen. Di segmen skuter otomatik, skutik Honda jauh meninggalkan para pesaingnya setelah meraih pangsa pasar 64,7% melalui angka penjualan 1.409.337 unit, melonjak 31,1% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang hanya 1.075.336 unit atau 53,2% pangsa pasar.

Di segmen skutik ini, Honda tercatat sebagai satu-satunya produsen yang mampu menikmati pertumbuhan pasar yang meningkat 7,6% dari 2.022.228 unit pada semester I 2011 menjadi 2.176.634 unit. Saat ini AHM memasarkan sejumlah model skutik, yaitu Honda BeAT, Honda Spacy Helm In, Honda Spacy Helm In PGM-FI, Honda Scoopy, Honda Vario Techno 125 PGM-FI, dan Honda PCX 150 PGM-FI.

Deputi GM Sales Division AHM Thomas Wijaya mengatakan pertumbuhan skutik Honda ini tidak dapat dilepaskan dari penerimaan masyarakat yang sangat baik terhadap model-model skutik Honda yang modern, stylish, powerful,  pasti hemat bahan bakar dan dilengkapi fitur safety yang tidak dimiliki skutik lain serta sebagian besar sudah dilengkapi teknologi PGM-FI terbaru dari Honda.

 “Skutik sedang menjadi trend. Kami sangat berterima kasih atas kepercayaan konsumen yang telah memilih skutik Honda untuk alat transportasi. Kami berkomitmen untuk terus berupaya memberikan produk dan layanan yang terbaik untuk konsumen Honda,” ujarnya.

Di segmen bebek, AHM juga berhasil meningkatkan pangsa pasar produknya melalui beberapa model andalannya seperti Honda Supra X 125, Honda Supra X 125 Helm in PGM-FI, Honda Absolute Revo, dan Honda New Blade. Di segmen ini pangsa pasar Honda tercatat meningkat menjadi 58,3% setelah mengantongi angka penjualan 609.932 unit. Pada periode yang sama tahun lalu, pangsa pasar Honda di segmen bebek hanya 56,1%.

Dominasi Honda di segmen bebek ini jika dirinci dapat terlihat di setiap segmen. Di segmen cub mid low <125 cc, pangsa pasar AHM tercatat 53,7% setelah berhasil membukukan angka penjualan 324.456 unit. Pada Semester I 2011 tercatat pangsa pasarnya hanya 52,3%. Penguasaan Honda lebih besar terjadi di segmen cub high end >125 cc. Pada semester I tahun lalu pangsa pasarnya tercatat 63,5% sementara pada paruh pertama tahun ini tercatat 64,5% setelah berhasil mencatat angka penjualan 285.476 unit.

Di segmen sport, sepeda motor Honda juga mendapat penerimaan yang positif dari masyarakat dengan angka penjualan 82.612 unit atau 17,2% pangsa pasar. Di segmen ini AHM memasarkan Honda New Mega Pro, Honda Tiger, Honda CS1, Honda CBR 150R, dan Honda CBR 250R.

One response to “Pangsa Pasar AHM menguat di Semester I/2012

  1. Ping-balik: Semester Pertama 2012 Market share sepeda Motor dikuasai Honda « TMCBlog – Motorcycle News·

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s