Lebih dari 1.000 Mahasiswa di Sepang Berpartisipasi dalam SHELL ECO-MARATHON 2012

INDONESIA IKUT BERPARTISIPASI DENGAN MENGIRIMAKAN 18 TIM DARI 9 UNIVERSITAS
Hari ini, mahasiswa dari seluruh Asia dan Timur Tengah telah berkumpul di sirkuit Kuala Lumpur, Sepang International Circuit untuk berkompetisi pada ajang Shell Eco-marathon Asia 2012. Sejumlah 119 tim mahasiswa telah mendaftarkan diri untuk menjadi bagian dari tantangan untuk melihat siapakah yang dapat merancang dan membangun kendaraan – mulai dari awal hingga akhir – yang memiliki efisiensi bahan bakar paling tinggi di kawasan.
Menampilkan tim dari universitas, perguruan tinggi, dan institut teknik dari 18 negara, Shell Eco-marathon Asia akan dilaksanakan mulai hari ini sampai 7 Juli. Kompetisi ini telah dijalankan di Eropa sejak tahun 1985 dan di Amerika sejak tahun 2007, sedangkan di Kuala Lumpur telah berjalan untuk yang ketiga kalinya sejak debut pertamanya di Asia pada tahun 2010. Malaysia juga menurunkan kontingen terbesar tahun ini dengan jumlah 28 tim. Lima (5) negara baru yang berpartisipasi juga pada tantangan tahun ini adalah Lebanon, Qatar, Uni Emirat Arab, Hong Kong dan Korea Selatan.
“Sebuah momen inspirasional ketika melihat sejumlah generasi muda Asia datang bersama untuk menjadi bagian dari Shell Eco-marathon. Para mahasiswa ini pada akhirnya berkesempatan untuk menguji kendaraan dan inovasi yang telah mereka kerjakan berbulan-bulan, di atas trek. Shell Eco-marathon lebih dari sekadar kompetisi atau perlombaan balap antar mahasiswa. Ajang ini menjadi medium untuk merealisasikan ide menjadi kenyataan, serta juga berfungsi sebagai platform bagi anak muda kedepannya dalam menghasilkan solusi lebih kreatif guna menghasilkan kendaraan hemat energi yang mampu menjawab tantangan energi saat ini,” ujar Mavis Kuek, General Manager Shell Eco-marathon Asia.
Tim mahasiswa akan berpartisipasi pada satu atau dua kategori Prototype dan Urban Concept dan Shell Eco-marathon tahun ini mengumpulkan sejumlah 81 kendaraan Prototype dan 38 kendaraan UrbanConcept dari wilayah Asia. Kategori Prototype mengajak para mahasiswa untuk mendaftarkan mobil efisien futuristik yang memaksimalkan efisiensi bahan bakar melalui inovasi elemen desain, seperti drag reduction. Kategori Urban Concept memfokuskan lebih pada kelayakan penggunaan kendaraan dengan efisiensi bahan bakar. Bertujuan untuk menjawab kebutuhan pengemudi di dunia nyata, kendaraan-kendaraan ini secara penampilan memiliki kemiripan dengan mobil jarak tempuh tinggi yang banyak terlihat di jalan saat ini.
Tim Bit Qat I dari Institut Teknologi Beijing merupakan tim pertama yang terdaftar di Sirkuit Internasional Sepang untuk kompetisi ini. Kendaraan tersebut akan berkompetisi untuk kategori Prototype, melawan kendaraan Prototype lain yang berbahan bakar bensin. “Kami merancang kendaraan yang benar-benar baru dan hanya menggunakan pembelajaran dari pendahulu sebagai satu-satunya unsur memengaruhi desain kami. Kendaraan ini merupakan hasil kerja keras selama empat bulan, dan kami sangat senang dapat pertama kali mengujinya di trek hari ini,” ujar Manager Tim Yang Junwei.
Dalam proses membangun kendaraan paling efisien bahan bakar, para mahasiswa memiliki kebebasan untuk melatih kreativitas pada aspek teknis dan desain, selama kendaraan memenuhi aturan keselamatan. Penghargaan akan diberikan pada tim dengan jarak tempuh terjauh pada 1 kWh atau 1 liter bensin. Penampilan di luar trek seperti kreativitas, keselamatan, desain, dan pemasaraan juga menjadi unsur penilaian.
Untuk kategori Prototype dan Urban Concept, para tim dapat mulai mendaftarkan kendaraannya dengan tipe energi yang digunakan sebagai berikut : hidrogen (sel bahan bakar), solar, baterai elektrik, bensin, diesel, Shell Gas to Liquids (GTL), Fatty acid methyl ester (FAME) dan Ethanol E100. Hasil dari kendaraan dengan tenaga listrik (tiga tipe energi pertama) dilihat dari jarak tempuh km per kilowatt per jam (km/kWh) dan km per liter (km/l) untuk kelima jenis energi lainnya
28 penghargaan On-Track dengan jumlah hadiah uang sebesar USD 42.000 diperebutkan oleh seluruh tim yang berpartisipasi pada kategori Prototype dan UrbanConcept. Hadiah utama senilai USD 2.000 akan diberikan kepada masing-masing pemenang di setiap jenis energi.
Seluruh tim juga dapat bersaing untuk total penghargaan off-Track masing-masing senilai USD 1.000. Penghargaan terbaru seperti “Eco-Design”, “Best Team Spirit” dan “Ketekunan dalam Menghadapi Kesulitan” juga disiapkan tahun ini untuk memotivasi tim mahasiswa untuk bersaing di luar teknis kompetisi.
Seluruh tim akan menjalankan kendaraannya di trek mulai tanggal 5 Juli 2012. Kompetisi ini secara resmi dimulai pada pukul 09.00 pagi tanggal 6 Juli 2012 oleh by Simon Henry, Chief Financial Officer of Royal Dutch Shell plc dan Yang Berhormat Dato’ Sri Idris Jala, Chief Executive Officer of Malaysia’s Performance Management and Delivery Unit (PEMANDU). Upacara penutupan dan pemberian hadiah akan diadakan pada tanggal 7 Juli.
Sirkuit Internasional Sepang akan dibuka untuk publik pada tanggal 5 Juli dari pukul 8.00 pagi sampai 7.00 malam, tanggal 6 Juli pada pukul 2.,00 siang sampai 7.00 malam, dan tanggal 7 Juli pada pukul 8.00 pagi sampai 4.00 sore. Pengujung dapat masuk melalui pintu masuk Paddock Club dan dapat menyaksikan kompetisi ini dari Paddock Club (PC) 1.
Selain kompetisi mahasiswa, pengunjung juga berkesempatan untuk mengikuti tantangan Shell FuelSave Driving Challenge, tantangan mengemudi di dunia nyata yang memberikan kesempatan untuk meguji kemampuan efisiensi bahan bakar. Selama Shell FuelSave Driving Challenge, John dan Helen Taylor, ambassador Shell FuelSave dan pemegang rekor efisiensi bahan bakar di dunia akan menunjukkan para pengumudi berdasarkan pengalaman nyata tentang bagaimana menggunakan bahan bakar dengan benar serta melakukan perubahan kecil pada perilaku berkendara dapat membantu menghemat bahan bakar, dan dengan demikian ongkos bahan bakar dapat terkurangi. Registrasi Shell FuelSave Driving Challenge bertempat di Area Pameran Shell FuelSave di Paddock Club 2. Setiap tantangan akan berlangsung selama 30 menit, dan dimulai di Perdana Suites carpark.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai kompetisi Shell Eco-marathon secara global, termasuk aturan resmi, instruksi untuk registrasi dan detail mengenai hadiah, silakan kunjungi website Shell Eco-marathon di http://www.shell.com/ecomarathon.

3 responses to “Lebih dari 1.000 Mahasiswa di Sepang Berpartisipasi dalam SHELL ECO-MARATHON 2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s