Balapan Malam Final Yamaha Cup Race Penentuan di Mandala Krida

YCR2012

YOGYA-Di tahun ke-23 penyelenggaraan Yamaha Cup Race (YCR), tahun ini final YCR digelar dalam balapan malam di sirkuit Mandala Krida, Yogyakarta, Sabtu (1 Desember). Sebanyak 225 peserta akan bertarung di seri pamungkas ini yang juga menjadi penentuan tiket ke Yamaha Cup Race Asean.

Seri ke-8 atau penutup YCR 2012 dilaksanakan setelah berturut-turut digelar di Medan, Lampung, Tasikmalaya, Jember, Bangka, Makassar dan Tangerang. Diantara 8 seri ini, tiga kali diselenggarakan malam yaitu di Jember, Makassar dan Yogyakarta. Balapan malam selalu mendapatkan respon luar biasa meneruskan sukses Yamaha sejak YCR malam perdana di Bandung tahun lalu.

Di final YCR tahun ini, akan dilombakan 6 kelas dengan finalis terbanyak 25 pembalap dari Jawa sebagai area regular kompetisi ini. Dan Yogyakarta sebagai tuan rumah diberikan kesempatan khusus mengikutsertakan maksimal 150 pembalap. Sedangkan 10 pembalap masing-masing mewakili Medan, Bangka, Lampung, Bali dan Makassar.

Adapun kelas yang dilombakan di final YCR 2012 ada 6 kelas yakni Underbone Tune Up 125 cc Seeded (MP1), Underbone Tune Up 115 cc Seeded (MP2), Underbone Tune Up 125 cc Pemula (MP3), Underbone Tune Up 115 cc Pemula (MP4), Underbone Standard 115 cc Pemula, Underbone Standard Show Room Z1 Open dan Matik Tune Up 130 cc Open.

“Di final Yamaha Cup Race ini para pembalap akan unjuk gigi untuk menjadi yang terbaik dan bersaing secara sportif. Final ini sekaligus menutup rangkaian seri Yamaha Cup Race musim ini. Secara keseluruhan event ini berjalan sukses dan sesuai misi Yamaha membina dan memunculkan bibit-bibit baru pembalap berprestasi,” papar Supriyanto, Manajer Motorsport Yamaha Indonesia.

Kegiatan final YCR dimulai dengan pendaftaran pada Kamis (29 November), lalu free practice dan kualifikasi (Jumat 30 November) dan balap malam penentuan sang juara. Pertarungan seru bakal tersaji di dua kelas utama MP1 dan MP2. Uniknya dua kelas ini melibatkan pembalap-pembalap tuan rumah di papan atas klasemen. Agus Setiawan paling menonjol dengan posisinya di puncak klasemen MP1 dan MP2. Dia bersaing ketat dengan Anggi Permana (Tasikmalaya) dan Floarianus Roy (Yogyakarta) yang membuntuti di posisi kedua dan ketiga.

Di MP2, trio Yogya Agus Setiawan, Yoga Adi P dan Floarianus Roy berpeluang besar juara mengingat peringkat ketiganya pada tiga besar teratas tabel. Di MP3 dan MP4, pembalap Bandung Tamy Pratama paling diandalkan juara setelah berhasil menempati peringkat teratas klasemen.

             Hasil Kualifikasi Final YCR Yogya

Dari hasil kualifikasi Jumat (30 November), pole position MP1 dikuasai Fernando Herdian disusul Sigit PD dan M.Zaki. Pimpinan klasemen sementara MP1, Agus Setiawan, akan start dati tempat kelima di belakang Anggi Permana. Sedangkan Florianus Roy di posisi 9. Sulung Giwa start terdepan di MP2 diikuti Herman Bas dan Sigit PD. Agus Setiawan yang memimpin klasemen MP2 kurang beruntung, hanya ada di peringkat 12. Yoga Adi ke-7 dan Florianus Roy start dari urutan 26. Hasil kualifikasi ini membuat persaingan kian seri karena trio Yogya Agus Setiawan, Yoga Adi dan Florianus Roy yang berurutan ada di posisi 1 sampai 3 klasemen, harus berjuang keras naik podium untuk menambah poin.

Dari hasil final ini akan didapatkan klasemen akhir YCR untuk menentukan 10 pembalap (5 seeded dan 5 pemula) yang berhak mewakili Yamaha Indonesia mengikuti Yamaha Asean Cup Race ke-9 awal Desember ini di Filipina.

About these ads

3 responses to “Balapan Malam Final Yamaha Cup Race Penentuan di Mandala Krida

  1. Ping-balik: Cedera, Stoner Berharap Tetap Bisa Balapan | motogpnews.biz·

  2. Ping-balik: Indonesia akan Jadi Tuan Rumah Konvensi WBA | total-sport.me·

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s